Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. (UU No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS).
Bagaimana sistem pendidikan nasional dapat memastikan bahwa semua siswa memiliki akses yang sama untuk Pendidikan berkualitas selama krisis yang belum pernah terjadi sebelum ini? Untuk memastikan semua akses pendidikan yang dan berkualitas, kita sebagai warga negara harus memiliki peran aktif, karena peran pendidikan tidak hanya dari pemerintah. Peran pendidikan juga didorong orang masyarakat, tokoh masyarakat, sekolah, dan pemerintah. Hal ini jika sinergi maka pendidikan akan terwujud dan berlangsung secara keberlangsungan bersama.
Perencanaan proses pembelajaran meliputi penyusunan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang memuat identitas mata pelajaran, standar kompetensi (SK), kompetensi dasar (KD), indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan sumber belajar. (Permendiknas RI No. 41 Tahun 2007).
Belajar dari Rumah Melalui Pembelajaran Jarak JauhSurat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020.
1.Memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum kenaikan kelas maupun kelulusan.
2.Memfokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemi Covid-19.
3.Memberikan variasi aktivitas dan tugas pembelajaran belajar dari rumah antarsiswa, sesuai minat dan kondisi masing-masing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses/fasilitas belajar dari rumah.
4.Memberikan umpan balik terhadap bukti atau produk aktivitas belajar dari rumah yang bersifat kualitatif dan berguna bagi guru, tanpa diharuskan memberi skor/nilai kualitatif.
Peran penting guru dalam pembelajaran pada saat pandemi;
- membantu siswa menghadapi ketidakpastian yang disebabkan oleh pandemi
- melibatkan siswa untuk terus belajar meskipun kegiatan sekolah normal terganggu.
Pembelajaran Berbasis Aktivitas adalah strategi pembelajaran dengan pendekatan/ pradigma induktif yang berorientasi pada murid yang dilakukan melalui penggunaan model dan metode belajar tertentu.
Model dan metode yang dapat digunakan dalam Pembelajaran Berbasis Aktivitas yaitu;
-Problem solving
-Project
-Diskusi
-Simulasi
-Percobaan
-Dan lain-lain